Rabu, 11 Desember 2013

Gunung Padang Direkomendasikan Masuk Cagar Budaya Nasional


Megalitikum Gunung Padang, Cianjur, Jawa Barat

Metrotvnews.com, Cianjur - Selasa, 10 Desember 2013 | 22:37 WIB:  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur, Jawa Barat belum mengetahui informasi situs Megalitikum Gunung Padang di Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka direkomendasi sebagai cagar budaya nasional.

Meskipun demikian, kabar tersebut tentunya disambut suka cita. Keberadaannya situs Megalitikum Gunung Padang diduga merupakan salah satu tempat peradaban manusia.

"Kita sih belum menerima informasi jika Gunung Padang direkomendasikan jadi cagar budaya nasional. Tapi kabar ini tentunya sangat menggembirakan," kata Kepala Bidang Kesenian dan Budaya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Cianjur Anto Susilo, Selasa (10/12).

Biasanya, kata Anto, segala yang berkaitan dengan Gunung Padang, Pemkab Cianjur selalu dikabari BP3 Serang. Namun sampai saat ini belum ada informasi apapun. "Tapi nanti kami akan coba koordinasi dengan BP3 Serang," ujarnya.

Pemkab Cianjur sendiri sebelumnya sudah mengusulkan Situs Gunung Padang sebagai cagar budaya nasional bersama dua situs lainnya yakni Situs Pasir Pogor dan Situs Bukit Tongtu.

Keseluruhan usulan sebanyak 20 cagar budaya yang tersebar di sejumlah wilayah.

"Kita memang diminta untuk mengusulkan cagar budaya. Ada sekitar 20 cagar budaya yang kami usulkan, tiga di antaranya yakni Gunung Padang, Pasir Pogor, dan Bukit Tongtu diusulkan untuk menjadi cagar budaya tingkat provinsi, untuk selanjutnya jadi cagar budaya nasional," terangnya. (Budi Kansil)

Editor: Edwin Tirani

Tidak ada komentar:

Posting Komentar