Senin, 19 November 2012

Obyek Wisata Nusantara: "CURUK TUJUH" Oleh Sita S.Priyadi


"CURUK TUJUH"

CURUK TUJUH Sita Blog: http://gemahripahst06.blogspot.com
CURUK TUJUH ( Di desa Cibolang-Ciamis)
SELASA, 20 NOV. 2012 - SITA BLOG:  Di Desa Cibolang, Panjalu, Kabupaten Ciamis utara terdapat obyek wisata Curug Tujuh yang merupakan salah satu obyek wisata alam yang indah.

Curug Tujuh terletak di kaki Gunung Sawal, Ciamis. Memiliki tujuh curug yang ketinggiannya semaki berkurang  apabila  kita  terus  menelusuri  posisi curug dari dari hulu hingga ke hilir.  Berjarak hanya dua kilo meter dari Jalan Raya Cibolang. Sampai sekarang keberadaan Curug Tujuh bisa dikatakan masih alamiah. Keindahan alam serta air terjunnya sangat mempesona bagi siapa saja yang berada di areal curug tersebut.Sebab curug ini memiliki ketinggian di atas 100 meter. Air terjun yang jatuh ke bawah mampu membuat terpesona pengunjung lantaran gemuruh suara air terjun curug tersebut.

Perjalanan yang melelahkan akan hilang seketika saat kita masuk ke area curug ini. Dapat dibayangkan,  uap air yang menyebar dari air terjun hingga belasan meter itu menyebarkan rasa  dingin yang seketika menghilangkan peluh ditubuh kita setelah melakukan perjalanan yang melelahkan. 

Setelah melakukan perjalanan curuk pertama terus melangkah kecurug berikutnya. Ketinggian curug ke dua sampai ke lima tak jauh berbeda dengan curug pertama. Letak perbedaannya hanya pada ketinggian curug yang terus menurun. Baik di curug tujuh dan lima, wisaawan bisa terbuai dengan keindahan air terjun terssebut. Selain dapat menikmati uap air terjun yang sejuk, pengunjung pun bisa mandi bersama di kolam kecil tempat penampungan air curug yang menyegarkan.

Setelah melakukan perjalanan hamper lima kilo meter dengan posisi naik dan berputar, maka akan tiba di curug enam dan tujuh. Ke dua curug tersebut berbeda dengan curug sebelumnya. Ketinggian curug semakin berkurang dan ke dua curug ini hanya memiliki ketinggian 2 – 3 meter. Jernihnya air yang ditampung di kolam kecil merupakan daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Pengunjung menyebutnya “Si Kinclong dari Panjalu” untuk curug ini. Pengunjung Curug Tujuh ini kebanyakan pasangan usia muda (ABG).

 Curug Tujuh
Curug Tujuh yang terletak di kaki Gunung Sawal yang dikelilingi hutan yang masih perawan, sampai sekarang masih tetap menjulang dengan air terjunnya yang terus menyebarkan uap sejuk dan gemuruh airnya yang tak pernah surut serta debit airnya yang tetap stabil  meskipun musim kemarau melanda Kabupaten Ciamis, bahkan menjadi pembangkit semangat bagi masyarakat daerah setempat untuk tetap menjaga dan merawat obyek wisata tersebut. Malahan, tak sedikit warga masyarakat setempat mengambil air dari curug untuk kebutuhan hidup sehari-hari saat mata air surut karena musim kemarau panjang.

Berdasar peta lokasi, sangat praktis untuk mencapai lokasi obyek wisata Curug Tujuh, di Panjalu Kabupaten Ciamis. Obyek wisata ini dapat dijangkau dengan menggunakan kendaraan bermotor atau kendaraan beroda empat. Pengunjung bisa sampai di lokasi menggunakan jalan dari kota Kawali menuju Panjalu, lalu berhenti di Cibolang kemudian masuk lokasi obyek wisata. Rute yang lain, bisa dicapai melalui jalur Cirebon atau Majalengka, lalu masuk Cibolang melintasi daerah Winduraja, Kabupaten Ciamis.(Sita S.pri)

1 komentar:

  1. Pengunjung bisa sampai di lokasi menggunakan jalan dari kota Kawali menuju Panjalu, lalu berhenti di Cibolang kemudian masuk lokasi obyek wisata. Rute yang lain, bisa dicapai melalui jalur Cirebon atau Majalengka, lalu masuk Cibolang melintasi daerah Winduraja, Kabupaten Ciamis.

    BalasHapus